Tuesday, June 5, 2007

Putri Jepang Dinobatkan Jadi Miss Universe 2007

Kemenangan Riyo Mori (20) dalam kontes ratu kecantikan sedunia menjadi berita menyegarkan bagi warga Jepang yang dirundung skandal korupsi. Terlebih lagi, Riyo Mori sekaligus menjadi Miss Universe pertama yang berasal dari Jepang dalam 50 tahun terakhir.

Dalam ajang Miss Universe yang diselenggarakan di Meksiko tersebut, penari asal Shizuoka itu mengalahkan 77 kontestan dari berbagai negara. Mori tampak gembira saat Miss Universe 2006 Zuleyka Rivera memasangkan mahkota bertatahkan berlian di kepalanya.

Kontes itu juga diwarnai kejadian menarik. Rachel Smith, kontestan dari Amerika Serikat, terpeleset jatuh saat dia berjalan di catwalk dalam sesi gaun malam. Kendati demikian, Rachel mendapat peringkat kelima dalam kontes ratu kecantikan itu.

Miss Swedia Isabel Lestapier Winqvist mendadak mengundurkan diri dari kontes, karena ada protes dari dalam negeri. Warga Swedia menganggap keikutsertaan Isabel di ajang Miss Universe itu merendahkan martabat wanita.

Selain itu, Miss Mexico diminta mengganti busana tradisionalnya di menit-menit terakhir menjelang tampil. Alasan penyelenggara, busana tradisional itu terlalu norak. Namun, banyak yang menduga alasan sesungguhnya adalah karena gaun itu berhiaskan manik-manik yang melambangkan peristiwa pemberontakan 1920-an di Meksiko.

Mori merupakan wanita Jepang kedua yang dinobatkan sebagai ratu sejagat. Tahun lalu, Miss Jepang Kurara Chibana hanya meraih urutan kedua karena dikalahkan oleh Zeleyka yang berasal dari Puerto Rico.

Dalam wawancara dengan majalah Metropolis di Tokyo, Mori menceritakan bahwa dia melakukan persiapan selama berbulan-bulan. Dia sampai belajar ke Perancis untuk menyempurnakan keahlian berbicara di depan publik.

''Teman-teman saya mengatakan, wanita Jepang sering tampak tertekan. Karena itu, saya ingin menunjukkan kepada dunia bahwa Jepang juga memiliki wanita-wanita yang penuh semangat dan bergairah seperti saya,'' tuturnya kepada majalah tersebut.

Juru bicara Pemerintah Shizuoka mengatakan, para pegawai setempat sangat senang dan berencana menyambut Mori saat dia pulang ke kota itu.

''Saya mengucapkan selamat untuknya. Saya sungguh senang dan berharap dia dapat meraih prestasi yang lebih tinggi,'' kata Wali Kota Shizouka Zenkichi Kojima.

Namun sebagian wanita Jepang menganggap kecantikan Mori kurang mewakili cita rasa Jepang. ''Dia tidak mirip dengan gambaran wanita cantik tradisional Jepang meski dia memang eksotis,'' kata seorang wanita tua kepada Fuji TV.

(hanyawanita)

No comments: